Cara Kerja EFT

Saat Anda duduk dan membaca setiap kata dalam situs web ini, Anda akan mulai menemukan cara baru untuk solusi semua masalah Anda baik fisik maupun psikis. Tak sedikit yang semula meragukan cara baru ini sampai akhirnya mereka membuktikan dan mempercayainya. Baiklah, Anda siap ?


Pada dasarnya setiap orang memiliki energi yang dapat menyembuhkan dirinya sendiri. Namun mengenai mampu tidaknya adalah tergantung bagaimana cara orang tersebut mengelola dan mengatur energi yang ada dalam tubuhnya. Energi yang saya maksudkan di sini adalah energi psikologi. Sebuah cabang baru dari terapi EFT. Meskipun baru, namun telah dikenal luas sejak penemuan Dr. Roger Callahan di tahun 1980-an.


Para ahli psikoterapi mengatakan bahwa energi psikologi merupakan salah satu inovasi yang menarik dari terapi EFT. Bahkan banyak dari masyarakat kita yang mengklaim bahwa mereka dapat menghilangkan berbagai ketakutan dan kesedihan mereka menggunakan teknik energi psikologi ini.


Teknik penyembuhan menggunakan energi psikologi ini begitu mudah dipelajari dan diterapkan tanpa menggunakan jarum. Anda hanya menekan titik-titik akupunktur menggunakan jari-jari Anda. sangat sederhana sekali. Karena hanya menggunakan jari maka sangat jauh dari efek samping. Setelah satu sesi terapi biasanya ada pengurangan intensitas emosi yang tidak diinginkan. Seluruh rutinitas hanya membutuhkan beberapa menit dan dapat dilakukan beberapa kali tergantung kompleksitas dan tingkat keparahan masalah.


Bagaimana memanfaatkan energi psikologi dalam terapi EFT ?


Teknik terapi ini sangat mudah untuk dipraktikkan bahkan bagi orang awam sekalipun. Dengan melakukan ketukan (tapping) ringan pada titik-titik meridian tubuh, maka reaksi yang didapatkan adalah penyelarasan energi tubuh. Sehingga tubuh akan lebih relaks dan tenang, dengan demikian apapun keluhan penyakitnya akan dengan mudah disembuhkan. Karena pada dasarnya segala jenis penyakit timbulnya adalah dari kondisi emosi yang tidak stabil.


Teknik penyembuhan pada terapi EFT atau energi psikologi sangat berbeda jauh dengan psikoterapi konvensional pada umumnya. Dalam terapi konvensional meyakini bahwa penyebab gangguan psikologis/hambatan emosi adalah adanya ingatan (sadar/bawah sadar) akan trauma masa lalu.  Pengalaman traumatis yang terus diingat inilah yang membangkitkan berbagai gangguan psikologis di atas. Para psikoterapis banyak menggunakan pendekatan kognitif dan psikoanalisa, klien diajak kembali mengenang masa lalunya yang ini seringkali menyakitkan secara psikologis bagi sang klien.


Sedang energi psikologi, EFT langsung berurusan dengan “gangguan sistem energi tubuh”. Untuk menghilangkan emosi negatif itu tanpa membongkar traumatis masa lalu, bisa dikatakan EFT melakukan “short cut” dengan memotong mata rantai tepat di tengah-tengahnya. Cukup selaraskan kembali sistem energi tubuh Anda, maka emosi negatif yang Anda rasakan akan hilang dengan sendirinya.

 


Lalu bagaimana cara kerja terapi EFT sebenarnya ? Apa dapat diterima secara logika ?


Tentu bisa. EFT merupakan teknik akupunktur versi modern. Dengan kemajuan ilmu pengetahuan di era ini, telah ditemukan suatu teknik yang hanya dengan beberapa ketukan (Tapping) saja orang bisa sembuh. Melalui  ketukan ringan dengan jari di 18 titik meridian tubuh untuk mengatasi hampir semua hambatan emosi dan fisik. Apakah Delapan belas saja? Ya, memang hanya ada 18 titik yang perlu Anda pelajari dalam EFT. Anda tidak perlu mempelajari 361 titik seperti dalam akupunktur menggunakan jarum karena dinilai sangat rumit.

Ketika seseorang mengalami hambatan emosional seperti marah, kecewa, sedih, cemas, stress, trauma dsb., aliran energi di dalam tubuh yang melalui titik meridian tubuh akan terganggu. Dan untuk menghilangkan hambatan-hambatan emosi di atas, kita perlu memperbaiki gangguan aliran di titik meridian tubuh melalui ketukan jari dengan cara tertentu sesuai teknik EFT.

 

Bisa saya contohkan dari salah satu penyakit yang ditimbulkan dari menumpuknya emosi negatif yaitu penyakit kanker. Menurut penelitian, sebagian pasien penyakit kanker mengalami masalah berat yang menyebabkan tekanan batin. Meskipun tidak semua penderita kanker disebabkan oleh hal yang sama, namun yang pasti emosi negatif ataupun perasaan tertekan yang terus dibiarkan menumpuk berpotensi mengundang berbagai penyakit. Sehingga perasaan yang dapat merugikan ini harus dihilangkan terlebih dahulu.


Untuk menghilangkan emosi negatif ini, diperlukan ketukan pada 18 titik meridian tubuh dan hanya memerlukan 4 prosedur yang sederhana dan mudah diingat, yang dinamakan resep dasar (basic recipe). 4 prosedur ini adalah the set-up, the tune-in, the tapping, dan the 9 gamut procedure. Dengan Prosedur ini dapat digunakan untuk mengatasi hampir semua masalah emosi negatif dan fisik. Sangat mudah untuk belajar EFT, anda hanya perlu waktu sekitar 2-3 jam saja.


Anda bisa belajar EFT dengan cara mengikuti Pelatihan Emotional Freedom Technique yang kami adakan secara berkala di kota-kota terdekat Anda. Namun jika Anda ingin yang lebih mudah, Anda bisa hadir ke kantor kami kantor pusat terapi EFT. Kami akan mengajarkan EFT dalam waktu singkat. Hanya dibutuhkan sekitar 2-3 jam untuk menguasai teori dan sekaligus praktiknya. Informasi lengkap mengenai kontak kami silahkan klik kontak dan alamat.